~~~ Selamat untuk PRODI AGRIBISNIS PERIKANAN (Prodi AGP) Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo telah ter Akreditasi B oleh BAN PT, semoga di masa depan menjadi lebih BAIK ~~~ ... Aamiin ya robbal aalamiin... ~~~ <<< sukses untuk Prodi AGP >>>

Monday, September 7, 2009

NEGARA dan PROSES TERENTUKNYA

NEGARA : Tatanan dari rakyat yang menduduki wilayah yang dikuasai
                       serta memiliki pemerintahan yang sah dan berdaulat.
Kewenangan istimewa negara:
       Membentuk Angkatan Bersenjata
       Mendirikan peradilan
       Mencetak uang
       Memajukan warga
       Menggunakan kekerasan didalam wilayah kedaulatannya.
PEMERINTAH: Kelompok Sosial yang pada periode terbatas diberi kesempatan memegang puncak pimpinan eksekutif (penyelenggara kehidupan bangsa dan negara).

PEMERINTAH tidak sama dengan NEGARA à dalam negara yang kuat pemerintah bisa berubah-ubah/berganti-ganti tanpa mengancam lembaga negara dan kehidupan bernegara.

PEMERINTAH MENDAPATKAN KEDUDUKAN YANG ISTIMEWA DALAM NEGARA MELALUI PROSES YANG DISEBUT PEMILU

Negara dapat menduduki tempat istimewa dalam masyarakat modern karena adanya BANGSA (NASION)

BANGSA (NATION): Hasil suatu proses menyatunya kelompok2 masyarakat dalam bidang POLITIKO-HISTORIS, SOSIO-EKONOMIS dan SOSIO BUDAYA, dengan cara BERINTERAKSI LEWAT KOMUNIKASI sehingga menjadi kelompok yang lebih besar dari KELOMPOK REGIONAL tetapi lebih kecil dari KELOMPOK INTERNASIONAL dan mempunyai identitas yang berbeda dengan kelompok atau bangsa lain.

Faktor-faktor yang melatar belakangi TERBENTUKNYA suatu bangsa adalah KESAMAAN:  
 -     Tempat tinggal (geografis)
-          Etnis
-          Ras
-          Agama
-          Latar belakang sejarah, dll.

Terbentuknya bangsa Indonesia didasari suatu kesepakatan politis (political agreemet): UNTUK APA MEREKA MENGIKAT DIRI DALAM SUATU KEHIDUPAN BERSAMA (tujuan nasional): landasan falsafah yang akan melandasi kehidupan bersamanya (Basic philosophy, way of life) serta dasar tata aturan kenegaraan yang bagaimana (Konstitusi UUD) yang akan diikuti.



PROSES TERBENTUKNYA BANGSA INDONESIA

 -   Sejak abad 17: dibawah pemerintahan HINDIA BELANDA
à Penduduk : rakyat terjajah dari berbagai etnis.

-       Awal abad ke 20 (1908): beberapa anak priyayi diberi kesempatan studi sampai pendidikan tinggi, bahkan sampai ke Belanda à wawasan kebangsaannya berkembang à mulai timbul IDE PEMBENTUKAN BANGSA (NATION)
Era ini dikenal sebagai ERA KEBANGKITAN NASIONAL
Kegiatan di era ini adalah penyebarluasan ide/kondisioning pembentukan nasion ke seluruh wilayah Hindia Belanda.

-       Satu generasi kemudian (sekitar 20 tahun) à 1928 berbagai kelompok pemuda ke daerahan dan etnis: Jong Java, Jong Sumatra, Jong Borneo dsb. berikrar untuk menjadi satu bangsa (nasion) à bangsa Indonesia dengan SATU BAHASA INDONESIA DAN SATU TANAH AIR INDONESIA. Namun secara formal Nasion Indonesia dengan suatu negara merdeka belum ada.
Era ini dikenal sebagai ERA IKRAR: Ikrar yang dikenal sebagai SUMPAH PEMUDA inilah merupakan motivasi dan pendorong kuat untuk merealisasikan cita-cita yang dibangkitkan sejak awal abad 20.

-       Setelah diperjuangkan hampir satu generasi (17 tahun) barulah ikrar tadi dapat DIREALISASIKAN dengan PROKLAMASI KEMERDEKAAN tanggal 17 Agustus 1945 yang meliputi SEGENAP BANGSA (ETNIS) YANG MENDIAMINYA BERUPA SATU BANGSA INDONESIA (NASION) dalam suatu negara yang merdeka dan berdaulat, yaitu NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.

-       Terbentuknya satu nasion Indonesia adalah berkat tercapainya SATU KESEPAKATAN (PERJANJIAN LUHUR) antar kelompok2 etnis di wilayah Hindia Belanda tentang:
Ø  Dianutnya satu falsafah bangsa dan dasar negara PANCASILA
Ø Satu  Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diatur dengan UNDANG UNDANG  DASAR 1945 (UUD 1945) meliputi wilayah bekas jajahan Hindia Belanda, serta
Ø  Satu Bahasa Nasional BAHASA INDONESIA

Oleh karena itulah dipandang secara YURIDIS FORMIL, baru sejak tanggal 17-8-1945 itulah adanya Bangsa Indonesia dalam artian sebagai suatu nasion yang memiliki hak serta kewajiban yuridis yang melekat padanya, dalam ikatan suatu NEGARA yang merdeka dan berdaulat dengan segala konsekwensi yuridiknya baik Nasional maupun Internasional.

No comments:

AWAL KEBANGKITAN AGRIBISNIS di POLITEKNIK KELAUTAN dan PERIKANAN SIDOARJO

Januari 2015 merupakan bulan dan tahun KERAMAT bagi taruna-taruni AGRIBISNIS Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Oh yah, benarkah ...