~~~ Selamat untuk PRODI AGRIBISNIS PERIKANAN (Prodi AGP) Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo telah ter Akreditasi B oleh BAN PT, semoga di masa depan menjadi lebih BAIK ~~~ ... Aamiin ya robbal aalamiin... ~~~ <<< sukses untuk Prodi AGP >>>

Monday, May 23, 2011

Faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumen / Pembeli:

A.    Faktor Budaya
1. Cultur (kebudayaan)
      Nilai-nilai, persepsi, preferensi, perilaku
      Misal: individualisme, kebebasan, dan lain-lain.

2. Sub Cultur
      Misal: kebangsaan, agama, daerah geografis.
      (kulit hitam)
3. Kelas sosial (strafikasi sosial)
            (bagian yang relatif homogen dan tetap dalam suatu masyarakat yang tersusun secara hirarkis dan anggota-anggotanya memiliki tata nilai, minat, dan perilaku yang mirip)

Maaf deh, maaf... saya  mau simpan artikel lain untuk Anda baca, boleh kan....makasih:



B.    Faktor Sosial
1. Kelompok acuan
      Semua kelompok yang mempunyai pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap perilaku seseorang.
      Misal: keluarga, teman, tetangga, rekan kerja.

2. Kelompok keluarga
      Orang tua, istri / suami, anak.

3. Peran dan status
      Anak, istri, manajer, direktur.

C.    Faktor Pribadi
Usia pembeli, siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, dan lain-lain.
1.     Usia dan tahap siklus hidup
2.     Pekerjaan
Pekerja dan direktur berbeda perilaku konsumsinya.
3.     Keadaan ekonomi
Pendapatan, tabungan, kekayaan, hutang, kekuatan meminjam dan pendirian terhadap belanja dan menabung.
4.     Gaya hidup
(pola hidup seseorang di dunia yang diungkapkan dalam kegiatan, minat, dan pendapat seseorang)
5.     Kepribadian dan konsep diri
Karakteristik psikologis yang berbeda dari seseorang yang menyebabkan tanggapan yang relatif konsisten dan tetap terhadap lingkungan.
Misalnya: kepercayaan diri, kemampuan beradaptasi, keadaan pembelaan diri, sifat dominasi, dan otonomi.

D.    Faktor Psikologi
1. Motivasi
      a) Teori Motivasi Freud
-  Seseorang tidak dapat memahami sepenuhnya motivasi dirinya.
- Kekuatan psikologis yang membentuk perilaku orang, sebagian besar tidak sadar.

b) Teori Maslow
1) Kebutuhan Fisiologi (lapar, haus)
2) Kebutuhan Keamanan (keamanan, perlindungan)
3) Kebutuhan Sosial (rasa memiliki, kasih sayang)
4) Kebutuhan Penghargaan (penghargaan, status)
5) Kebutuhan Aktualitas Diri (penghargaan diri dan
realitas)

c) Teori Motivasi Herzberg
Teori maotivasi dua faktor:
1)     Dissatisfiers (faktor ketidakpuasan)
2)     Satisfiers (faktor kepuasan)

2. Persepsi
      Proses bagaimana seseorang menyeleksi, mengatur dan menginterprestasikan masukan-masukan dan informasi untuk menciptakan gambaan keseluruhan yang berarti.

3. Pengetahuan
      Menjelaskan perubahan dalam perilaku suatu individu yang berasal dari pengalaman.

No comments:

AWAL KEBANGKITAN AGRIBISNIS di POLITEKNIK KELAUTAN dan PERIKANAN SIDOARJO

Januari 2015 merupakan bulan dan tahun KERAMAT bagi taruna-taruni AGRIBISNIS Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Oh yah, benarkah ...