Penilaian tentang baik atau buruknya kualitas suatu produk dapat
ditentukan dalam 8 (delapan) dimensi kualitas yang diperkenalkan oleh seorang
Ahli Pengendalian Kualitas yang bernama David A. Garvin pada tahun 1987.
Delapan Dimensi Kualitas
Produk
Kedelapan Dimensi Kualitas tersebut diantaranya adalah sebagai
berikut :
Performance atau Kinerja merupakan Dimensi Kualitas yang berkaitan
dengan karakteristik utama suatu produk. Contohnya sebuah Televisi,
Kinerja Utama yang kita kehendaki adalah kualitas gambar yang dapat kita tonton
dan kualitas suara yang dapat didengar dengan jelas dan baik.
2. Features (Fitur)
Features atau Fitur merupakan karakteristik pendukung atau
pelengkap dari Karakteristik Utama suatu produk. Misalnya pada produk Kendaraan
beroda empat (mobil), Fitur-fitur pendukung yang diharapkan oleh konsumen
adalah seperti DVD/CD Player, Sensor atau Kamera Mundur serta Remote Control
Mobil.
3. Reliability
(Kehandalan)
Reliability atau Kehandalan adalah Dimensi Kualitas yang
berhubungan dengan kemungkinan sebuah produk dapat bekerja secara memuaskan
pada waktu dan kondisi tertentu.
4. Conformance
(Kesesuaian)
Conformance adalah kesesuaian kinerja dan kualitas produk dengan
standar yang diinginkan. Pada dasarnya, setiap produk memiliki standar ataupun
spesifikasi yang telah ditentukan.
5. Durability
(Ketahanan)
Durability ini berkaitan dengan ketahanan suatu produk hingga
harus diganti. Durability ini biasanya diukur dengan umur atau waktu daya tahan
suatu produk.
6. Serviceability
Serviceability adalah kemudahan layanan atau perbaikan jika
dibutuhkan. Hal ini sering dikaitkan dengan layanan purna jual yang disediakan
oleh produsen seperti ketersediaan suku cadang dan kemudahan perbaikan jika
terjadi kerusakan serta adanya pusat pelayanan perbaikan (Service Center) yang mudah dicapai oleh
konsumen.
7. Aesthetics
(Estetika/keindahan)
Aesthetics adalah Dimensi kualitas yang berkaitan dengan tampilan,
bunyi, rasa maupun bau suatu produk. Contohnya bentuk tampilan sebuah Ponsel
yang ingin dibeli serta suara merdu musik yang dihasilkan oleh Ponsel tersebut.
8. Perceived Quality
(Kesan Kualitas)
Perceived Quality adalah Kesan Kualitas suatu produk yang
dirasakan oleh konsumen. Dimensi Kualitas ini berkaitan dengan persepsi
Konsumen terhadap kualitas sebuah produk ataupun merek. Seperti Ponsel iPhone,
Mobil Toyota, Kamera Canon, Printer Epson dan Jam Tangan Rolex yang menurut
Kebanyakan konsumen merupakan produk yang berkualitas.
No comments:
Post a Comment