~~~ Selamat untuk PRODI AGRIBISNIS PERIKANAN (Prodi AGP) Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo telah ter Akreditasi B oleh BAN PT, semoga di masa depan menjadi lebih BAIK ~~~ ... Aamiin ya robbal aalamiin... ~~~ <<< sukses untuk Prodi AGP >>>

Monday, September 17, 2012

"RUMAH BARU" UNTUK IKAN


big_labuan_labuanwreckMenteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo berpesan agar kawasan konservasi perairan dikelola secara efektif dan berkelanjutan, saat membuka acara penenggelaman kapal untuk konservasi terumbu karang di Desa Kubu, Karangasem, Provinsi Bali, Senin (17/9).
Ia menambahkan bahwa  penenggelaman kapal merupakah upaya kita membangun "rumah baru" untuk ikan di sekitar kawasan tersebut sehingga dapat menjaga kelesetarian sumberdaya ikan di kawasan tersebut. Kawasan konservasi perairan Indonesia saat ini telah mencapai 15, 78 juta hektar dari target yang ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebesar 20 juta hektar pada tahun 2020.
Kapal bernama Prambuan milik Ditjen Perhubungan Laut yang ditenggelamkan sekitar 200 meter dari bibir pantai Perairan Tulamben, Karangasem diharapkan menjadi ruang hidup baru bagi terumbu karang dimasa depan. Kapal buatan tahun 1952 tersebut mempunyai dimensi panjang 87 meter dan lebar 7 meter.

Menurut Sharif upaya pengembangan kawasan konservasi, selain untuk menjaga kelestarian sumberdaya ikan juga diarahkan untuk mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi baru di wilayah tersebut, antara lain melalui pengembangan pariwisata bahari, yang pada akhirnya diharapkan akan mampu memberikan manfaat ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut Sharif juga menyampaikan bantuan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) senilai Rp4,66 milyar untuk pengembangan perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, juga untuk pengembangan usaha garam rakyat.

Jakarta, 16 September 2012

Kepala Pusat Data, Statistik dan Informasi


Indra Sakti, S.E., M.M

Narasumber :
  1. Dr. Sudirman Saad,
    Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (HP.0811989375)
  2. Indra Sakti, SE, MM,
    Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi (HP.0818159705)

No comments:

AWAL KEBANGKITAN AGRIBISNIS di POLITEKNIK KELAUTAN dan PERIKANAN SIDOARJO

Januari 2015 merupakan bulan dan tahun KERAMAT bagi taruna-taruni AGRIBISNIS Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Oh yah, benarkah ...