~~~ Selamat untuk PRODI AGRIBISNIS PERIKANAN (Prodi AGP) Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo telah ter Akreditasi B oleh BAN PT, semoga di masa depan menjadi lebih BAIK ~~~ ... Aamiin ya robbal aalamiin... ~~~ <<< sukses untuk Prodi AGP >>>

Tuesday, May 8, 2012

Bagian Inti dan Bagian Akhir


Syukurlah..., akhirnya saya hari ini dapat menyampaikan Bagian Inti dan Bagian Akhir dari Kerangka Karya Ilmiah.... semoga ini bermanfaat bagi semua orang yang memerlukannya... Oh yah  mohon maaf untuk contoh Lampiran, secepatnya akan saya sampaikan ditunggu yah...  

PENJELASAN BAGIAN INTI
                                      
I.          PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang
Latar belakang sifatnya masih umum dan memuat dua hal utama, yaitu pengenalan masalah dan pemahaman secara umum. Pengenalan masalah mencakup luasnya masaalah, penyebab masalah atau faktor resikonya maupun konsekuensi yang timbul akibat masalah yang ada. Landasan berfikir ilmiah yang meliputi paradigma, konsep dan teori yang digunakan dijelaskan di sini. Penjelasan sifatnya masih umum dengan mengambil contoh masalah yang ada di wilayah mana saja yang ada di Indonesia.

1.2.     Maksud dan Tujuan

1.2.1.    Maksud
Maksud merupakan suatu pernyataan tentang tujuan akhir yang ingin dicapai pada praktek secara keseluruhan. Dari maksud ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran dalam menjawab permasalahan praktek. Penulisan maksud diawali dengan kata kerja.

1.2.2.    Tujuan
Tujuan merupakan penjabaran dan pentahapan praktek untuk mencapai tujuan umum praktek, yang sifatnya operasional. Tujuan khusus harus menyatakan secara spesifik variabel yang akan diukur atau diuji untuk menunjang pernyataan pada tujuan umum. Seperti pada tujuan umum, tujuan khusus juga harus diawali dengan kata kerja.

1.3.     Pendekatan Masalah
Pendekatan masalah disusun berdasarkan cara berfikir deduktif dan enduktif. Data yang mendukung masalah (induktif) adalah data empiris yang diambil dari wilayah yang akan diteliti. Data tersebut menyajikan suatu input (merupakan pokok masalah yang menjadi dasar pendekatan), proses dalam pendekatan masalah artinya suatu cara pemecahan masalah di dalam karya ilmiah),dan output (keluaran hasil dari suatu masalah yang ada).


II.          TINJAUAN PUSTAKA

Pada bagian ini peneliti harus mengutarakan secara sistematik dan mengkaji teori, konsep yang sudah ada maupun fakta empiris hasil praktek sebelumnya yang ada hubungannya dengan praktek yang akan dilakukan, guna mendukung atau bahkan membantah kebenaran hasil yang sudah ada teori, konsep dan pendekatan yang disampaikantersebut harus berasal dari literatur mutakhir.


III.         METODOLOGI

Bab metode praktek secara rinci memuat hal berikut ini, baik secara keseluruhan atau sebagian, tergantung dari masalah dalam kerja praktek.


3.1.   Tempat dan Waktu Pelaksanaan
            Tempat dan waktu praktek harus disebutkan secara jelas, kapan dan dimana praktek tersebut dilakukan. Selain itu perlu juga disebutkan alasan memilih lokasi tersebut.
Waktu praktek dihitung sejak pembuatan proposal sampai hasil praktek diseminarkan. Sedangkan waktu pengumpulan data tergantung waktu yang digunakan selama mengumpulkan data di lapangan.

3.2.   Metode
            Dalam bagian ini dijelaskan metode yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan dan untuk meningkatkan keterampilan. Metode penyelidikan yang digunakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual. Contoh metode yang biasa digunakan adalah survey dan metode magang. 

3.3.  Sumber Data
          Data yang diambil dari kegiatan kerja praktek meliputi data primer (data diperoleh secara langsung dari obyek) dan skunder (data yang dikumpulkan dan disalurkan oleh studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain). 

3.4.  Teknik Pengumpulan Data
Bagian ini memuat uraian secara rinci dan jelas bagaimana cara atau proses pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dalam kerja praktek dapat dilakukan dengan cara: observasi partisipan, melaksanakan interview atau wawancara, dan mengdokumentasi.
Selain itu, pada bagian ini harus disebutkan alat atau instrumen apa yang digunakan untuk pengumpulan data, alasan pemilihan instrumen atau alat tersebut dan jika perlu disertai uraian tentang realibilitas dan validitas instrumen atau alat yang digunakan.

3.5.  Teknik Analisis Data
            Bagian ini berisi uraian secara rinci dan jelas cara atau teknis analisis yang digunakan dan alasan menggunakan cara atau teknik tersebut. Bila menggunakan uji statistik perlu diperhatikan jenis data yang didapat, nominal, ordinal, interval atau rasio. Jenis data ini akan menentukan uji statistik yang akan dipergunakan. Tidak perlu mencantumkan rumus uji statistik tersebut, cukup menyebutkan uji statistik yang digunakan. Misalnya: “…….maka uji statistik yang digunakan yaitu uji Regresi Logistik”.

3.6.  Materi
Berisi materi yang dipelajari dan diambil dalam kerja praktek, termasuk keadaan umum tempat kerja praktek meliputi letak geografis, batas wilayah, tata letak kerja praktek dan struktur organisasinya.

3.7.  Jadwal Kegiatan
            Merupakan jadwal selama kegiatan kerja praktek berlangsung.  
  
IV.        KEADAAN UMUM
            Bagian dari suatu kerja praktek yang berisikan tentang: sejarah tempat kerja praktek, lokasi kerja praktek, struktur organisasi, ketenagakerjaan, sarana dan prasarana.
  

V.       HASIL DAN PEMBAHASAN
            Merupakan bagian dari suatu kerja praktek yang berisikan hasil praktek dan berisi uraian atau pembahasan secara mendalam hasil praktek yang telah disajikan yang harus disajikan secara informatif dan komunikatif serta relevan dengan tujuan praktek. Biasanya pada bagian awal hasil praktek ini, diuraikan secara singkat dan jelas kondisi atau keadaan umum dari subjek praktek yang relevan dengan tujuan praktek.
Dalam melakukan pembahasan, praktek harus menggunakan teori, atau konsep yang telah diuraikan pada TINJAUAN PUSTAKA serta membandingkan dengan praktek sebelumnya yang sejenis. Tekankan pada hal yang penting dan menonjol yang ada pada hasil praktek.
            Jangan mengulang penyajian data yang tertulis pada Bab sebelumnya. Pada bagian ini akan dapat diketahui penguasaan penulis terhadap konsep dan teori yang digunakan untuk melakukan praktek.
            Pembahasan bertujuan memberi arti pada hasil praktek dengan menjelaskan dan melakukan prediksi atau ramalan terhadap permasalahan kesehatan yang mungkin terjadi. Pembahasan menjadi dasar penarikan kesimpulan dan bila memungkinkan dapat menunjukkan suatu penemuan baru. Selain itu sedapat mungkin pembahasan ini bertujuan untuk mengembangkan suatu hipotesis, konsep atau teori baru yang sesuai.
            Penyajian hasil praktek dapat dibuat dalam bentuk tabel, gambar atau grafik yang mudah dibaca dan dipahami dengan tetap memperhatikan tata cara penulisan tabel, gambar atau grafik.


VI.        KESIMPULAN DAN SARAN

6.1.   Kesimpulan
Kesimpulan berisikan konklusi, yang diuraikan berdasarkan hasil akhir praktek yang mengacu pada permaslahn umum maupun tujuan khusus. Dalam menyusun statuta menggunakan nomor atau ditulis sebagai satu kesatuan uraian atau menyajikan pernyataan baru yang tidak sesuai dengan pembahasan. Kesimpulan bukan merupakan ringkasan atau hasil praktek.

6.1.     Saran
Saran merupakan suatu rekomendasi hasil praktek yang digunakan untuk pengembangan ilmu. Saran harus diuraikan secara singkat dan mudah dilaksanakan. Saran harus konkrit dan sesuai dengan area yang menyarankan sesuatu diluar hasil praktek.
  

PENJELASAN BAGIAN AKHIR

 Bagian akhir Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang meliputi:

1.      DAFTAR PUSTAKA
Pada bagian ini harus diuraikan kepustakaan apa saja yang digunakan dalam menyusun Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang, baik itu dalam bentuk majalah, jurnal, buletin, buku teks maupun sumber kepustakaan yang lain. Secara rinci cara penulisan kepustakaan dapat dilihat pada sub bagian 8 tentang penulisan daftar pustaka. Untuk Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang, kepustakaan yang diutamakan adalah jurnal atau majalah atau buletin hasil praktek terbitan 5 (lima) tahun terakhir. Nomor halaman daftar pustaka mengikuti nomor halaman sebelumnya.

2.      LAMPIRAN

Lampiran merupakan bagian yang menyajikan berbagai bahan yang digunakan dalam praktek (misalnya kuesioner), tabel, grafik, peta, keterangan tambahan, dan bahan lain yang dianggap perlu untuk lebih memahami isi Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang secara rinci.
Selain itu, pada bagian lampiran dapat juga disajikan cara praktek, misalnya perhitungan statistik dan sebagainya. Lampiran harus diberi nomor lampiran dan juga lampiran sesuai dengan pengelompokkan ataupun kumpulan berkas yang disertakan. Nomor halaman lampiran dimulai dengan nomor baru.



AWAL KEBANGKITAN AGRIBISNIS di POLITEKNIK KELAUTAN dan PERIKANAN SIDOARJO

Januari 2015 merupakan bulan dan tahun KERAMAT bagi taruna-taruni AGRIBISNIS Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Oh yah, benarkah ...