~~~ Selamat untuk PRODI AGRIBISNIS PERIKANAN (Prodi AGP) Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo telah ter Akreditasi B oleh BAN PT, semoga di masa depan menjadi lebih BAIK ~~~ ... Aamiin ya robbal aalamiin... ~~~ <<< sukses untuk Prodi AGP >>>

Sunday, May 6, 2012

Bagian Awal Karya ilmiah/ Karya Tulis Ilmiah

Sesuai janji saya terdahulu, kali ini saya akan sampaikan terdiri atas apa saja Bagian awal kerangka karangan/ karya ilmiah 
Oh yah maaf... Bagian Lampiran yang ada dalam Bab ini akan saya sampaikan secepatnya, tentu saja setelah saya menyampikan Bagian Inti dan Bagian Akhir,  sehingga Anda tidak bertanya lagi mana Lampirannya...??? 

PENJELASAN BAGIAN AWAL 

Bagian awal Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang terdiri atas: (1) halaman sampul depan (2) halaman sampul dalam (3) halaman pengesahan (4) halaman persetujuan (5) kata pengantar (6) Ringkasan dan (7) daftar isi, daftar tabel, gambar, lampiran, arti lambang, singkatan dan istilah.

1.      HALAMAN SAMPUL DEPAN
     Halaman sampul depan merupakan sampul dari Karya Ilmiah Praktek Akhir/ Praktek Kerja Lapang yang memuat secara berurutan:

a.    Tulisan “KARYA ILMIAH PRAKTEK AKHIR / PRAKTEK KERJA LAPANG”
b.    Judul KARYA ILMIAH PRAKTEK AKHIR / PRAKTEK KERJA LAPANG
c.    Logo Akademi Perikanan Sidoarjo
d.    Nama Lengkap Mahasiswa
e.    Tempat Pendidikan
f.     Tahun KARYA ILMIAH PRAKTEK AKHIR / PRAKTEK KERJA LAPANG diajukan

     Judul dibuat singkat, tepat, logis, dan informatif (maksimum 12 kata). Apabila terpaksa tidak dapat dibuat judul yang singkat, maka dapat dibuat sub judul di bawah judul pokok yang hurufnya lebih kecil dan merupakan kalimat penjelasan. Contoh halaman sampul depan, dapat dilihat pada Lampiran 1.

2.      HALAMAN SAMPUL DALAM
     Isi halaman sampul dalam sama dengan halaman sampul depan, tetapi dibuat di atas kertas putih yang sama dengan kertas naskah atau materi Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang. Tercantum judul Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang, nama Taruna dan disertai Nomor Induk Taruna (NIT). Contoh halaman sampul dalam, tersaji pada Lampiran 2.

3.      HALAMAN PENGESAHAN
     Halaman ini merupakan lembar pengesahan Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang oleh Ketua. Halaman ini memuat tanggal Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang diujikan dan nama penguji Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang. Contoh halaman pengesahan, tersaji pada Lampiran 3.

4.      HALAMAN PERSETUJUAN
     Merupakan lembaran persetujuan Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang oleh Pembimbing Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang  dan Ketua Bagian sesuai tempat Taruna mengambil bidang penulisan Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang. Contoh halaman persetujuan dapat dilihat pada Lampiran 4.

5.      RINGKASAN
Ringkasan merupakan penjelasan singkat dan lengkap keseluruhan informasi pada setiap unsur yang ada dalam Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang. Ringkasan harus memuat latar belakang masalah, tujuan praktek, rancang bangun, analisis praktek, hasil praktek, serta kesimpulan dan saran.
Ringkasan harus ditulis secara singkat dengan satu spasi dengan huruf Times New Roman ukuran 12 atau Arial 11. Jumlah kata antara 200-30, oleh karena itu sedapat mungkin hanya menggunakan kata inti tanpa membubuhkan kata pendamping yang tidak diperlukan. Ringkasan ditulis dalam Bahasa Inggris dan atau Bahasa Indonesia. Diharapkan hanya dengan membaca Ringkasan, pembaca dapat memahami intisari yang ditulis dalam naskah Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang. Pada bagian akhir dilengkapi dengan key words (kata kunci) yang terdiri dari 3-4 kata yang merupakan variabel utama praktek. Kata kunci ditulis setelah Ringkasan, berjarak tiga spasi dari bagian akhir Ringkasan. Contoh Ringkasan dapat dilihat pada Lampiran 5.

6.      KATA PENGANTAR
     Diawali dengan kalimat yang dapat mengantarkan pembaca untuk tertarik terhadap hasil praktek yang telah dilakukan, menonjolkan keistimewaan karya ilmiah yang disajikan.
    
     Halaman ini dapat dimanfaatkan pula untuk menyampaikan rasa terima kasih pembuat Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang kepada mereka (baik  individu  maupun  instansi) dan pihak  tertentu  yang  telah membantu  dalam praktek sampai terselesaikannya Karya Ilmiah Praktek Akhir / Praktek Kerja Lapang. Apabila jumlah yang harus mendapat ucapan terima kasih banyak, maka harus diatur sedemikian rupa sehingga kata pengantar tidak bertele-tele. Ucapan terma kasih yang pertama ditujukan kepada direktur/rektor, ketua jurusan, dosen pembimbing dan seterusnya kepada instansi dan pihak lain yang mendukung praktek. Contoh kata pengantar dapat dilihat pada Lampiran 6.
           
7.      DAFTAR ISI
  Merupakan petunjuk bagi pembaca tentang nomor halaman dan topik tertentu. Daftar isi memuat judul besar (Bab), judul kecil (Sub-Bab), Sub Sub Bab) dengan nomor halamannya. Jika judul kecil juga dimuat, maka judul kecil itu ditempatkan lebih masuk di bawah judul yang lebih besar. Contoh daftar isi dapat dilihat pada Lampiran 7.

8.      DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.
         Daftar Tabel, Gambar, Lampiran dan Istilah disajikan dalam halaman lampiran tersendiri.

        8.1   DAFTAR TABEL
 Daftar tabel memuat nomor urut tabel, judul tabel dan nomor halaman letak tabel. Contoh
 halaman daftar tabel dapat dilihat pada Lampiran 8.
.
        8.2   DAFTAR GAMBAR
 Daftar gambar memuat nomor urut gambar, judul gambar dan nomor halaman letak
 gambar. Contoh halaman daftar gambar dapat dilihat pada Lampiran 9.

        8.3   DAFTAR LAMPIRAN
 Daftar lampiran memuat nomor urut lampiran, judul lampiran dan nomor halaman letak 
 lampiran. Contoh halaman daftar lampiran dapat dilihat pada Lampiran 10.



AWAL KEBANGKITAN AGRIBISNIS di POLITEKNIK KELAUTAN dan PERIKANAN SIDOARJO

Januari 2015 merupakan bulan dan tahun KERAMAT bagi taruna-taruni AGRIBISNIS Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Oh yah, benarkah ...