~~~ Selamat untuk PRODI AGRIBISNIS PERIKANAN (Prodi AGP) Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo telah ter Akreditasi B oleh BAN PT, semoga di masa depan menjadi lebih BAIK ~~~ ... Aamiin ya robbal aalamiin... ~~~ <<< sukses untuk Prodi AGP >>>

Friday, November 9, 2012

DUKUNG WIRAUSAHAWAN


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas laut mencapai 70 persen dari luas wilayahnya. Potensi sumber daya kelautan dan perikanan sangat melimpah. Untuk itu, masyarakat perlu di dorong dan dilatih menjadi wirausahawan yang terampil di sektor ini. Demikian yang diutarakan Menteri Kelautan dan perikanan Sharif Cicip Sutardjo saat menutup Pelatihan Nasional Kelautan dan Perikanan di Balai Sudirman  Jakarta. (7/11). Kegiatan pelatihan ini.


Kegiatan yang digelar Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan ini merupakan salah satu bentuk peran aktif KKP dalam mendukung rencana aksi nasional. Dalam hal penciptaan lapangan kerja dan peningkatan kapasitas angkatan kerja. Utamanya dalam upaya peningkatan keterampilan. "Pada kegiatan ini, KKP memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk dapat mengikuti pelatihan singkat dan untuk kerja di bidang kelautan dan perikanan. Peserta juga memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka memfasilitasi keinginan menjadi seorang wirausaha baru. "ujar Cicip". Berdasarkan data Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), pada 2013 nanti pemerintah memproyeksikan jumlah angkatan kerja akan bertambah sebanyak 2,04 juta orang. Tambahan jumlah angkatan kerja harus dikendalikan baik dari sisi jumlah maupun kualitas agar tidak berpotensi untuk menjadi penganggur. "Untuk dapat menjawab proyeksi tersebut, diperlukan kerja keras dan kemitraan dari semua pihak baik instansi pemerintah pusat, daerah, dan swasta".
"Ujar menteri berkacamata itu". Cicip menambahkan, KKP tetap berupaya dapat berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja. Tujuannya untuk mengurangi pengangguran karena bertambahnya kesempatan kerja di sektor ini di tahun-tahun mendatang. Untuk itu KKP telah menyiapkan konsepsi ekonomi biru guna merealisasikan keterpaduan antara pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan dan pendekatan bisnis yang berkelanjutan. "Ketersebaran kawasan laut dan pesisir di Indonesia perlu didukung dengan upaya-upaya pelestarian lingkungan ." Ujarnya.
  

Sumber : Media
:
INDOPOS, 9 November

 2012

No comments:

AWAL KEBANGKITAN AGRIBISNIS di POLITEKNIK KELAUTAN dan PERIKANAN SIDOARJO

Januari 2015 merupakan bulan dan tahun KERAMAT bagi taruna-taruni AGRIBISNIS Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Oh yah, benarkah ...