~~~ Selamat untuk PRODI AGRIBISNIS PERIKANAN (Prodi AGP) Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo telah ter Akreditasi B oleh BAN PT, semoga di masa depan menjadi lebih BAIK ~~~ ... Aamiin ya robbal aalamiin... ~~~ <<< sukses untuk Prodi AGP >>>

Thursday, May 24, 2012

Penerimaan Taruna Baru Akademi Perikanan Sidoarjo Tahun 2012



PENDIDIKAN
Program pendidikan Akademi Perikanan Sidoarjo diselenggarakan di Kampus APS, Jl. Raya Buncitan Kotak Pos I Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur (61253), Telpon (031) 8911380, Fax. (031) 8912848 dengan alamat website: http://www.aps.apsidoarjo.ac.id/ dan e-mail aps@apsidoarjo.ac.id. Setiap taruna berhak dan memiliki akses terhadap perpustakaan, laboratorium-laboratorium, komputer dan internet untuk praktikum dan belajar mandiri. Akademi Perikanan Sidoarjo memiliki laboratorium kualitas Air dan Tanah, laboratorium Lingkungan Perairan, laboratorium Basah, laboratorium Hama dan Penyakit, laboratorium Mikrobiologi Pangan, laboratorium Bahasa, laboratorium Uji Mutu Hasil Perikanan, laboratorium Nutrisi dan Pakan Ikan, laboratorium Komputer, dan fasilitas lapangan seperti Work Shop Pengolahan, Kolam, Bengkel Keteknikan, Cold Storage, Tambak, Hatchery, e-Library, e-Learning dan Wi-Fi.
POLA / SISTEM PENERIMAAN
Sistem seleksi penerimaan calon taruna baru dibagi menjadi 2 (dua) jalur yaitu :
  • Ujian Masuk Akademi Perikanan (UMAP) melalui Jalur Umum (UMAP-JU) Yaitu penerimaan calon taruna baru berdasarkan hasil pengujian yang meliputi uji akademik,  uji kesehatan, uji fisik, dan psikotest.
  • Ujian  Masuk  Akademi  Perikanan  (UMAP) Jalur Khusus (UMAP-JK) Yaitu penerimaan calon taruna baru tanpa melalui  uji akademik, tetapi tetap melalui uji kesehatan, Uji Fisik  dan wawancara (klarifikasi), dengan persyaratan :
  1. Lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) yang berprestasi di bidang akademik peringkat I, II dan III untuk Program Studi Teknologi Budidaya Perikanan dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (JK-1)
  2. Putera nelayan, pembudidaya, dan pengolah ikan yang berprestasi di bidang akademik, dengan nilai raport (smt. I - V) dan nilai ijasah minimal rata-rata 7  (JK-2)
  3. Pegawai Negeri Sipil/Karyawan yang ditugasbelajarkan oleh instansi asalnya (JK-3)
PERSYARATAN UMUM CALON PESERTA
  1. Putra putri warga negara Republik Indonesia
  2. Bagi warga negara asing (WNA) harus mendapat ijin dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI atau pejabat yang ditunjuk dan memenuhi peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku
  3. Memiliki Ijasah SMU/ MA (IPA/IPS), SUPM dan SMK (bidang / program Keahlian Perikanan bidang Budidaya Perikanan dan Pengolahan Hasil Perikanan)
  4. Umur tidak lebih dari 22 tahun terhitung sampai 30 Agustus 2012, sedangkan calon dari PNS umur tidak lebih dari 35 tahun per  30 Agustus 2012 .
  5. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Tidak sedang hamil dan tidak hamil  selama mengikuti pendidikan (bagi calon dari PNS)
  7. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental
  8. Tinggi badan minimal 160 cm (taruna) dan minimal 150 cm (taruni) dengan berat badan seimbang.
  9. Tidak buta warna.
  10. Tidak berkaca mata / lensa kontak.
  11. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kecuali calon PNS (JK-3).
  12. Mengikuti tahapan dan lulus seleksi penerimaan.
  13. Bersedia tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan.
  14. Sanggup membiayai dirinya untuk keperluan pakaian seragam, asuransi, kegiatan ketarunaan, dan peralatan pribadi untuk tinggal di asrama.
KELENGKAPAN ADMINISTRASI PENDAFTAR
A.    Jalur Umum (JU)
  1. Foto copy ijasah yang telah dilegalisir
  2. Surat Keterangan belum menikah dari Kepala Desa*)
  3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polsek*)
  4. Surat Pernyataan bersedia tinggal di asrama, bermaterai*)
  5. Pas foto hitam putih terbaru berukuran 2x3 cm sebanyak 1 lembar dan ukuran 4x6 cm sebanyak 3 lembar.
B.     Jalur Khusus (JK)
  1. Foto copy Ijasah yang telah dilegalisir
  2. Surat Pernyataan Bersedia Tinggal di Asrama selama pendidikan *)
  3. Pas foto hitam putih terbaru berukuran 2x3 cm sebanyak 1 lembar dan ukuran 4x6 cm sebanyak 3 lembar
  4. Memiliki minat yang besar untuk melanjutkan pendidikan di Akademi Perikanan Sidoarjo yang ditunjukkan dengan Surat Pernyataan*)
  5. Foto copy Piagam Penghargaan/ Sertifikat atau Surat Keterangan dari Kepala SUPM (asli) sebagai bukti lulusan terbaik (rangking I, II dan III)  (JK-1)
  6. Foto copy raport semester I – V yang telah dilegalisir (JK-2)
  7. Foto copy KTP orang tua dan Kartu Susunan Keluarga (JK-2)
  8. Menunjukkan KTP orangtua (Ayah dan Ibu) serta Kartu Keluarga ASLI pada saat pendaftaran (JK 2).
  9. Surat Keterangan dari Kepala Desa / Lurah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah putera nelayan, pembudidaya ikan atau pengolah ikan (JK-2)
  10. Surat Keterangan dari Kepala Dinas Perikanan Kabupaten / Kota setempat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah putera nelayan, pembudidaya ikan atau pengolah ikan (JK-2)
  11. Surat Pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa benar-benar Putra Nelayan / Pembudidaya / Pengolah Hasil Perikanan (JK-2)*)
  12. Surat Pernyataan tidak sedang hamil dan bersedia tidak hamil selama pendidikan (JK-3) *)
  13. Surat Keterangan Tugas Belajar dari Pimpinan Instansi /Unit Kerja      (JK-3)
  14. Foto Copy Daftar Penilaian Prestasi Pegawai (DP3) dua tahun terakhir rata-rata dalam kriteria baik yang dilegalisir (JK-3).
  15. Foto Copy Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (SK PNS) dan SK Kepangkatan Terakhir (JK-3)

Keterangan : *) diserahkan pada saat daftar ulang bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi

Anda masih penasaran dengan Penerimaan Taruna Baru 2012 ini...???  bagaimana sistem penerimanan, persyaratan, jadwal dan lokasi ujian seleksi, materi ujian dan lain-lain, klik saja papentaru 






No comments:

AWAL KEBANGKITAN AGRIBISNIS di POLITEKNIK KELAUTAN dan PERIKANAN SIDOARJO

Januari 2015 merupakan bulan dan tahun KERAMAT bagi taruna-taruni AGRIBISNIS Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Oh yah, benarkah ...